gusmang94.blogspot.co.id

SEBUAH BLOG TENTANG BALI, TIPS-TIPS RINGAN, DUNIA MAYA
Bali

11 ALASAN MENGAPA ANDA PERLU MENGUNJUNGI BALI

THE ISLAND OF GOD, THE ISLAND OF PARADISE, THE ISLAND OF THOUSANDS TEMPLES itu adalah beberapa julukan pulau Bali yang terkenal sebagai destinasi wisata dunia.

HALO BRO DAN SIS .....

Apa kabar? Kalau orang Bali bilang kenken kabare? Semoga sehat-sehat saja, bahasa Balinya becik-becik kemanten. Kenapa saya mengajari anda cara menyapa dalam bahasa Bali? Karena topik artikel saya kali ini masih berkaitan dengan Bali yaitu SEBELAS ALASAN MENGAPA ANDA PERLU MENGUNJUNGI BALI.
Oh ya, kalau anda sedang liburan di Bali kata-kata di atas boleh dipraktekkan dan anda akan merasa lebih dekat dengan orang Bali.

Popularitas Bali sebagai destinasi wisata dunia tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari kegiatan liburan keluarga, study tour SMA, outing kantor hingga urusan pernikahan dan honeymoon baik yang backpacker sampai pelancong berduit dari dalam maupun luar negeri, Bali boleh dibilang selalu menjadi tujuan destinasi wisata yang utama. Tentu saja, karena Bali memang memiliki sejuta pesona dan daya pikat tersendiri bagi pengunjungnya. Nah, pertanyaannya sekarang kenapa sih Bali selalu menjadi primadona di mata banyak orang dan sebagai tujuan utama tempat mereka berlibur? Bahkan ada wisatawan yang mengagendakan liburannya untuk wajib mengunjungi Bali setahun sekali. Oleh karena itu bagi anda seorang traveller sejati yang akan mengagendakan liburan akhir tahunnya, apalagi yang belum pernah ke Bali, cobalah pikirkan Bali. Paling tidak jawaban atas pertanyaan mengapa anda perlu mengunjungi Bali di bawah ini bisa menjadi acuan, membuka cakrawala berpikir anda tentang Bali untuk kemudian mempertimbangkan agenda rencana liburan anda dan sesegera mungkin mengeksekusinya. Well, inilah sebelas alasan mengapa anda perlu mengunjungi Bali.

1. SEJARAH MENCATAT BALI MENJADI TUJUAN PARA PELANCONG SEJAK DULU KALA

Bro dan Sis, kita review sejenak ke belakang tentang apa, siapa dan bagaimana kok Bali menjadi terkenal seperti sekarang ini. Bali sebenarnya sudah dikenal sebagai tempat yang indah untuk dikunjungi sejak jaman penjajahan Belanda, sekitar tahun 1914. Saat itu Bali sudah dapat dicapai dari Surabaya dengan kapal laut dan berlabuh di Singaraja, Buleleng. Begitu sampai di Bali, para pelancong ini menyewa kuda atau kereta kuda untuk menempuh perjalanannya.

Pada tahun 1924 pelancong secara khusus datang ke Bali setelah dibuka pelayaran mingguan antara Singapura, Batavia, Semarang, Surabaya terus mampir di Buleleng yaitu pelabuhan Singaraja baru dilanjutkan ke Makassar dimana penggagasnya adalah KPM (maskapai pelayaran kerajaan) yang bersedia menerima penumpang di atas kapalnya yang biasanya dipakai untuk mengangkut hasil bumi dan ternak seperti : kopra, kopi, sapi dan babi. Jalur pelayaran ini kemudian bernama Bali Express. Tahun 1924 pelancong yang terdata mengunjungi Bali mencapai 213 orang dan terus meningkat mencapai 480 pelancong pada tahun 1927 menurut majalah Tourism in Netherlands East Indies. Majalah ini pula yang selanjutnya menawarkan paket wisata termasuk bagi mereka yang ingin menyaksikan upacara Ngaben yaitu upacara pembakaran jenazah menurut Hindu di wilayah Karangasem Bali sekitar tahun 1927. Disebutkan peminat akan diangkut dengan kapal Swartbandt yang bertolak dari Surabaya, sesampainya di Bali disediakan mobil dan menginap di pesanggrahan milik pemerintah.

Pada tahun 1928 KPM membuka Bali Hotel sebagai pengganti pesanggrahan di Denpasar. Dari tahun ke tahun terjadi peningkatan kunjungan yang signifikan yaitu sekitar tahun 1934 jumlahnya mencapai 3000 orang. Referensi utama lainnya bagi pelancong berdasarkan pengamatan Walter Spies, seorang pelukis dan musisi berkebangsaan Jerman menetap di Bali pada tahun 1927 dan berada di sana sampai terjadinya Perang Dunia ke-2. Dia menjadi pemandu bagi para seniman, pelukis, tokoh yang akan berkunjung ke Bali. Mereka singgah di rumahnya di Ubud. Dia salah seorang yang memberikan referensi kepada dunia bahwa daya tarik Bali bukan hanya kecantikan kaum perempuannya saja seperti gambaran Bali pada tahun 1920-an, akan tetapi juga karena keindahan alamnya yang menawan.

Kemudian banyak tokoh yang muncul mengenalkan Bali kepada dunia melalui Spies seperti pelukis Miguel Covarrubias (Meksiko), aktor dan komedian Charlie Chaplin (Amerika), seksolog Magnus Hirschfeld (Jerman), Vicky Baum (Inggris) dan lain-lain. Sejak saat itu Bali semakin dikenal oleh dunia dari mereka yang sudah pernah mengunjungi Bali. Dari waktu ke waktu Bali semakin dikenal, semakin banyak pelancong yang datang hingga saat ini. Dulu ada adagium : Indonesia itu sebelah mananya Bali? Itu pertanyaan orang asing tentang Indonesia, karena Bali lebih dulu terkenal daripada Indonesia sendiri dimana sebenarnya Bali merupakan bagian dari Indonesia.

2. BALI ADALAH PULAU YANG UNIK DAN STRATEGIS SECARA GEOGRAFIS

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki 13.667 pulau, tersebar dari Sabang di barat sampai Merauke di timur. Terdiri dari lima pulau besar yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, sisanya berukuran sedang dan kecil. Ratusan pulau tak bernama. Nah dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia ada sebuah pulau yang sangat terkenal bahkan sampai ke manca negara yaitu pulau Bali.


Secara geografis Bali terletak pada 8 derajat 3'40" sampai 8 derajat 50'48" Lintang Selatan dan 114 derajat 25'53" sampai 115 derajat 42'40" Bujur Timur, dimana relief dan topografinya adalah dataran tinggi, danau dan pegunungan yang memanjang dari barat ke timur, sedangkan wilayah utara dan selatan perbukitan batu karang dan pantai-pantai yang eksotik dimana luasnya hanya 5600 km2 dengan jarak 180 km dari barat ke timur dan 80 km dari utara ke selatan, dengan panjang pantai 529 km.

Bentuk pulaunya yang seperti ayam bertelur mempunyai keindahan alam yang luar biasa dengan batas fisiknya sebagai berikut : utara ; Laut Bali, timur ; Selat Lombok, selatan ; Samudera Indonesia dan barat ; Selat Bali. Dari gunung, bukit, lembah, danau, sungai, jurang bahkan sampai ke pantai atau laut Bali memiliki panorama alam nan eksotik. Ada beberapa pulau terpisah dari pulau utama yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dimana dua pulau terakhir begitu populer di mata wisatawan yang suka wisata kapal pesiar dan wisata bahari lainnya.

3. BALI ADALAH PULAU DENGAN AKSESIBILITAS YANG MUDAH DIJANGKAU

Bali menyuguhkan kecantikan alam secara natural yang lebih mudah dijangkau dibandingkan dengan pulau lainnya di Indonesia. Bali terletak di bagian tengah dari luas keseluruhan wilayah Nusantara di antara pulau Jawa dan pulau Lombok, sehingga pulau ini dapat dijangkau dengan mudah dari berbagai arah di Indonesia. Dari Jakarta ditempuh pesawat terbang hanya dalam waktu 1 jam 25 menit, begitupun dari wilayah terjauh Indonesia tidak sampai 4 jam lama penerbangan, sehingga akses ke pulau ini gampang bagi wisatawan dalam negeri. Mereka yang datang dari pulau Jawa yang tidak menggunakan pesawat terbang, bisa naik kereta api, bis antar propinsi atau atau sarana angkutan darat lainnya bahkan bisa menyetir sendiri. Di Ketapang, Banyuwangi mereka menyeberang dengan kapal ferry di selat Bali menuju Gilimanuk. Dari sini perjalanan dilanjutkan menuju Denpasar. Begitu pula wisatawan dari Lombok akan menyeberang dengan ferry dari Lembar menuju Padangbai.

Bagaimana akan halnya dengan wisatawan asing yang ingin mengunjungi Bali? Rute-rute penerbangan internasional menunjukkan bahwa destinasi wisata Bali mudah dijangkau, dari tahun ke tahun telah banyak dibuka penerbangan langsung dari luar negeri menuju Bali. Wisatawan yang datang dari Eropa atau Amerika biasanya transit dulu negara-negara di Timur Tengah seperti Dubai, Abu Dhabi, Oman atau negara-negara Asia seperti Thailand, Hongkong, Singapura, Kuala Lumpur baru melanjutkan perjalanan menuju Jakarta atau langsung ke Denpasar, Bali sesuai dengan destinasi maskapai penerbangan masing-masing. Wisatawan dari Australia terbang langsung dari kota-kota di sana. Jadi Bali sebagai destinasi wisata dunia sudah sewajarnyalah akses menuju ke sana terbuka lebar dan sangat mudah.

4. BALI MEMILIKI BUDAYA DAN ADAT ISTIADAT YANG ADI LUHUNG

Kebudayaan dan adat istiadat orang Bali atau dikenal pula dengan sebutan Nak Bali, Wong Bali atau Krama Bali merupakan hasil asimilasi atau perpaduan antara pengaruh animisme, dinamisme, Hindu yang datang dari India, Hindu zaman kerajaan Majapahit dan penduduk asli Bali sendiri yaitu Bali Aga.

Suku asli Bali yaitu Bali Aga adalah salah satu sub suku bangsa Bali yang bermukim di desa Trunyan. Mereka bermukim di pegunungan yang terpencil dan pedalaman yang biasanya menutup diri terhadap pendatang yang mereka sebut dengan Bali Hindu yaitu penduduk keturunan Majapahit. Selain suku Bali Aga ada pula suku lain namanya suku Bali Majapahit yang datang dari masyarakat Jawa pada zaman kerajaan Majapahit yang menganut agama Hindu. Mereka tinggal di dataran rendah dengan mata pencaharian bercocok tanam.

Pendapat lain mengatakan bahwa Krama Bali yang ada sekarang ini asal usulnya terbagi dalam tiga gelombang migrasi yaitu :
  1. Terjadi sebagai akibat dari persebaran penduduk yang terjadi di Nusantara selama zaman prasejarah.
  2. Terjadi secara perlahan selama masa perkembangan agama Hindu di Nusantara.
  3. Terjadi pada zaman kerajaan Majapahit runtuh pada abad ke-15 seiring Islamisasi yang ada di Jawa dimana orang-orang Majapahit memilih untuk melestarikan kebudayaannya di Bali sehingga membentuk sinkretisme antara kebudayaan Jawa klasik dengan tradisi asli Bali.
Dari sinilah terjadi perpaduan budaya sehingga menghasilkan seni tari, seni pertunjukan, seni ukir, seni kerawitan dan seterusnya seperti yang kita kenal sekarang ini. Miguel Covarrubias seniman dari Meksiko mengamati bahwa setiap orang Bali layak disebut seniman, sebab ada berbagai aktivitas seni yang dapat mereka lakukan selepas dari kesibukannya sebagai petani, pedagang, kuli, supir dan sebagainya mulai dari menari, bermain musik, melukis, memahat, menyanyi hingga bermain lakon. Seniman Bali adalah perajin amatir yang melakukan aktivitas seni sebagai wujud persembahan dan tidak peduli apakah namanya akan dikenang atau tidak. Jadi mereka berkesenian berdasarkan hati secara tulus ikhlas.

Hampir semua desa di Bali banyak dijumpai pura dengan arsitekturnya yang indah, pemain gamelan yang handal dan bahkan aktor berbakat. Sesajen yang dibuat wanita Bali memiliki sisi artistik pada jalinan potongan daun kelapa muda dan susunan buah-buahan yang rapi menjulang. Gamelan merupakan bentuk seni musik yang vital dalam berbagai acara tradisional masyarakat Bali. Setiap jenis musik disesuaikan dengan acaranya misalnya musik untuk piodalan (hari jadi) di pura berbeda dengan musik saat ada upacara ngaben, melasti, potong gigi (metatah) dan sebagainya. Menurut Spies, seni tari membuat utuh kehidupan masyarakat Bali sekaligus menjadi elemen penting dalam serangkaian upacara adat yang tidak ada habisnya.

Menurut filosofi orang Bali, kedinamisan dalam hidup akan tercapai apabila terwujudnya hubungan yang harmonis antara aspek pawongan (manusia), palemahan (alam) dan parahyangan (Tuhan) yang dikenal dengan sebutan Tri Hita Karana. Hubungan yang harmonis antara manusia dengan manusia, antara manusia dengan alam sekitar dan antara manusia dengan Tuhan.

Salah satu budaya dan adat istiadat yang sampai detik ini bisa anda lihat di Bali adalah upacara pembakaran jenazah yang disebut Ngaben dan upacara pergantian tahun baru Caka menurut agama Hindu yaitu hari raya Nyepi. Hari raya Nyepi satu-satunya di dunia dimana orang Hindu Bali melakukan Catur Brata Penyepian yaitu tidak boleh menyalakan api/listrik (amati geni), tidak boleh bekerja (amati karya), tidak boleh bepergian (amati lelungan) dan tidak boleh bersenang-senang (amati lelanguan). Hanya ada pecalang atau satuan pengamanan tradisional di setiap banjar, yang melakukan ronda dan berjaga di wilayahnya masing-masing. Anda bisa merasakan hari raya ini sekitar bulan Maret atau April.

5. BALI MEMILIKI PENDUDUK YANG RAMAH-RAMAH

Sudah sejak dahulu orang Indonesia itu terkenal ramah dan santun. Mereka memperlakukan pendatang dengan baik dan santun termasuk orang asing dari belahan benua lain. Pun termasuk penduduk Bali atau orang Bali sudah terkenal akan keramahannya terhadap orang asing (baca : wisatawan), orang Jawa, Sumatra dan hampir semua penduduk Indonesia ramah-ramah. Kenapa begitu? Ya karena adat dan budaya mengajarkan orang Indonesia hendaknya berperilaku santun terhadap siapapun termasuk kepada orang asing.

Karakter dan sifat orang Bali pada umumnya hidup gotong royong, ramah terhadap orang, baik yang sudah kenal maupun yang tidak dikenal. Adalah kemudian ada fakta bahwa sopir itu tidak ramah, tour guide itu bersifat kasar itu hanya karakter dan sifat pribadi atau individu saja dari orang bersangkutan. Sekali lagi saya tegaskan pada umumnya orang Bali ramah dan ringan tangan. Cobalah datangi sebuah desa yang belum tersentuh pariwisata, di situ akan anda temukan yang saya maksud. Setidaknya mereka akan tersenyum atau menyapa anda, walaupun tidak menggunakan bahasa yang anda pakai.

Mengapa orang Bali ramah-ramah terutama terhadap orang asing? Seperti uraian di atas pada dasarnya orang Bali memang ramah terhadap orang di sekitarnya, tetangga atau terhadap siapapun, termasuk orang asing (pendatang, turis,) karena prinsip menyama braya-nya orang Bali memang mengajarkan hal seperti itu. Contoh, bilamana ada orang dalam suatu banjar (lingkungan terkecil dari desa) punya acara baik suka maupun duka, misalnya upacara pernikahan, potong gigi ataupun ngaben (upacara pembakaran mayat menurut Hindu Bali) semua anggota banjar akan turun membantu sampai proses upacara selesai.

Selain faktor-faktor di atas alasan yang mungkin masuk akal mengapa orang Bali ramah-ramah adalah karena berusaha menjaga nama baik Bali pada khususnya dan Indonesia pada umumnya di mata dunia. Mereka pun berusaha terbuka dan menerima turis asing dengan baik sehingga menimbulkan kesan yang mendalam, dimana turis asing belum pernah diperlakukan seperti itu di tempat lain. Bagaimanapun orang Bali masih menjunjung adat ketimuran yang kental, memepertahankan nilai keramahan dan kesopansantunan, walaupun dinamika kerasnya arus pengaruh dari luar sebagai impek dari sektor pariwisata itu sendiri. Itulah sebabnya orang Bali hampir tak pernah atau jarang kelihatan judes atau dingin di mata orang asing.

6. BALI MEMILIKI KEINDAHAN ALAM YANG EKSOTIK

Semua tempat-tempat pariwisata di dunia yang dibanjiri jutaan wisatawan tiap tahunnya baik lokal maupun manca negara mempunyai ciri khas dan daya tarik masing-masing. Misalnya : Paris (Perancis) terkenal akan kota romantis dengan menara Eiffel-nya yang menjulang, Venice (Italia) terkenal akan kota air dengan kanal-kanalnya, Roma (Italia) terkenal akan kota yang indah dengan Colleseum-nya, Pireaus (Yunani) terkenal dengan bangunan-bangunan tua abad pertengahan, Kairo (Mesir) terkenal akan piramidnya, Rio de Janeiro (Brazil) terkenal akan panorama menawan dengan patung Jesus-nya, New York (Amerika Serikat) terkenal sebagai kota megapolitan dengan patung Liberty-nya, Singapore (Singapura) terkenal akan kotanya yang indah dan bersih, Sydney (Australia) terkenal akan kota yang indah dengan gedung opera-nya dan sebagainya.

Bagaimana halnya dengan Bali? Bali tidak atau belum mempunyai maskot (sedang rekonstruksi yaitu GWK) seperti kota-kota tujuan pariwisata dunia di atas yang menyebabkan kota-kota itu sangat terkenal yang mempunyai magnet buat para traveller dari seluruh dunia untuk mengunjunginya. Bali dengan Denpasar sebagai ibukotanya mempunyai kelebihan bila dibandingkan dengan kota-kota tadi yaitu keindahan alamnya yang tiada duanya.


Gunung, bukit, lembah, danau, jurang, tebing, air terjun, sawah, sungai sampai pantai, teluk dan laut di Bali mempunyai pemandangan yang indah kalau tidak boleh disebut spektakuler. Seperti uraian dalam topografi pulau Bali di atas disebutkan bahwa di bagian tengah pegunungan membentang dari barat ke timur. Di sini bagi anda yang suka alam pegunungan yang sejuk dapat merasakan dan melihat jejeran gunung baik yang masih aktif dan tidak misalnya gunung Batukaru (2.276 meter dpl), gunung Lesung (1.865 meter dpl), gunung Sangiyang (2.087 meter dpl), gunung Pohen (2.063 meter dpl), gunung Abang (2.151 meter dpl), gunung Batur (1.717 meter dpl) dan yang tertinggi adalah gunung Agung (3.031 meter dpl). Yang paling sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun turis asing adalah gunung Batur dan gunung Agung dimana ratusan pendaki tiap harinya mencoba menaklukkannya.

Di antara jejeran gunung-gunung tersebut terdapat empat buah danau yaitu danau Batur (luas sekitar 1.607,50 ha kedalaman 50 m), danau Beratan (luas 375,6 ha kedalaman 22-48 meter), danau Buyan (360 ha) dan danau Tamblingan (110 ha). Khusus untuk danau Beratan, danau ini pernah mendapatkan anugerah sebagai salah satu dari 20 danau terindah di dunia (menurut www.huffingtonpost.com)
Di tepi danau terdapat sebuah pura namanya Pura Ulundanu merupakan salah satu pura yang sering difoto dengan pemandangan landscape-nya yang menawan. Anda akan dengan mudah mendapatkan foto ini di brosur-brosur, kartu pos, peta Bali untuk turis atau yang berkaitan dengan promosi tentang Bali.

Keindahan alam Bali yang menjadi daya magnet paling utama bagi turis baik asing maupun lokal adalah pantainya. Dengan garis pantai sepanjang 529 km menjadikan Bali banyak mempunyai pantai yang bisa untuk anda eksplorasi. Sudah banyak pantai yang terkenal sampai ke manca negara entah itu karena keindahannya atau karena ombaknya yang bagus buat peselancar. Misalnya : pantai Kuta, pantai Dreamland, pantai Padang-padang, pantai Suluban, pantai Sanur, pantai Pandawa, pantai Lovina dan yang lagi naik daun pantai Pasir Putih (Virgin beach). Dari tahun ke tahun ada saja pantai baru yang siap disuguhkan buat turis.

Mengenai keindahan alam pulau Bali dan obyek-obyek wisatanya akan saya tulis terpisah pada artikel lain, karena banyak yang bisa ditulis dan dibagi yang tentu saja berguna khususnya buat traveller sejati.

6. BALI MEMPUNYAI AKOMODASI YANG SANGAT MEMADAI

Apa jadinya jika sebuah daerah yang banyak dikunjungi turis karena keindahan alam dan biotanya tetapi tidak mempunyai akomodasi yang prima. Orang akan berpikir dua kali atau bahkan mencoretnya dari travelling plan yang telah dibuat hanya gara-gara ada informasi bahwa daerah itu akomodasinya tidak layak atau kurang bagus. Contoh kasus, pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur yang terkenal dengan Komodo dragon-nya awal-awalnya minim akomodasi. Tetapi sebagai salah satu tujuan wisata dunia pemerintah pusat dan daerah telah membangun akomodasi pariwisata untuk mengantisipasi kedatangan wisatawan baik lokal maupun asing, sehingga menjadi betah untuk tinggal lebih lama lagi.

Kalau di Bali sendiri akomodasi pariwisata berikut pelayanannya tidak perlu diragukan lagi. Hasil penelitian Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata bersama Universitas Udayana terhadap ketersediaan kamar hotel hingga villa dan pondok wisata menunjukkan bahwa Bali telah mengalami kelebihan kamar mencapai 9.800 kamar. Hasil penelitian tersebut juga memperlihatkan bahwa jumlah kamar hotel yang ada di Bali yang mencapai 55.000 kamar cukup untuk memenuhi kebutuhan jumlah kamar hotel sampai tahun 2015.

Dari hotel kelas melati sampai resort bintang lima, dari yang buat backpacker sampai wisatawan berkantong tebal semuanya tersedia di Bali. Tinggal anda yang menentukan sendiri sesuai budget anda. Mengenai akomodasi pariwisata, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, lama menginap dan seterusnya dapat dilihat pada data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik Propinsi Bali. [klik di sini]




7. BALI MEMPUNYAI OBYEK WISATA YANG INDAH DAN UNIK

Di negara-negara yang banyak bergantung kepada sektor pariwisata sebagai penghasil devisanya kebanyakan mengandalkan keindahan panorama alamnya. Sebut saja misalnya Swiss dengan wisata musim dinginnya begitu pula Selandia Baru, Italia dengan danau Comonya, Amerika Serikat dengan Yellowstone-nya dan masih banyak lagi. Demikian pula halnya dengan pulau Bali. Pulau yang mendapat julukan pulau Dewata ini tidak kalah keindahan alamnya dengan negara-negara lain. Keindahan alam ditambah dengan kaya akan budaya dan adat istiadat menyebabkan pulau Bali sebagai destinasi wisata dunia yang tiada duanya.

Di Bali terdapat banyak sekali obyek wisata yang patut anda kunjungi saat berlibur di sana. Masing-masing mempunyai keindahan dan keunikan tersendiri. Sekarang terserah anda, mau melihat pura, gunung, danau, air terjun, sungai, pantai dan laut. Ataukah anda ingin melihat sisi budayanya. Beberapa contoh obyek wisata yang indah dan unik dapat anda lihat di bawah ini sebagai berikut :

PANTAI KUTA
Pantai ini menjadi primadona baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Terletak tidak jauh dari bandara internasional I Gusti Ngurah Rai pantai berpasir putih ini selalu ramai dikunjungi wisatawan tiap harinya terutama sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam. Ketika malam semakin beranjak tidak jauh dari pantai Kuta adalah Legian sebagai surga bagi wisatawan yang suka kehidupan malam. Di area ini homestay, hotel, villa, restoran, bar, department store dan toko-toko cindera mata menghiasi dan menyapa anda.

PANTAI PADANG-PADANG
Terletak di kaki pulau Bali dapat ditempuh selama 30 menit perjalanan dari bandara internasional I Gusti Ngurah Rai. Untuk mencapai pantai ini anda harus jalan kaki menuruni tebing melewati semacam gua kecil dimana hanya satu orang yang bisa melewatinya sehingga anda harus antri sedemikian rupa. Sesampainya di bawah anda akan disuguhkan panorama yang sungguh indah. Pantai di bawah tebing berpasir putih berombak besar sehingga anda akan menyaksikan banyak peselancar beraktivitas di sini. Sekedar informasi pantai Padang-padang ini pernah dijadikan setting film Hollywood berjudul Eat Pray Love dimana Julia Robert sebagai aktrisnya. Juga pernah dijadikan tempat syuting video klip band papan atas dunia dan sebagai tempat kejuaraan selancar dunia.

UBUD
Desa ini sudah terkenal sejak tahun 1920-an dimana banyak seniman asing bermukim di sini. Dari Walter Spies sampai Antonio Blanco yang menikahi gadis Bali. Ubud terkenal sebagai gudangnya seniman Bali mulai dari seniman lukis, seniman patung, seniman tari dan sebagainya, dimana anda bisa menonton beraneka macam tarian Bali seperti Sendratari Ramayana atau tari Kecak, membeli lukisan bernilai seni tinggi atau kerajinan dari kayu. Karena panoramanya yang indah dan unik banyak dibangun hotel, villa dan resort di atas tebing dengan sungai yang airnya jernih mengalir di bawahnya. Suasana alam asli bisa anda rasakan di sini.



PURA ULUNDANU DANAU BERATAN
Jika anda pernah melihat foto atau gambar di atas yaitu sebuah pura terletak di pinggir danau dengan danau sebagai latar belakangnya itulah Pura Ulundanu. Pura ini termasuk pura yang besar di Bali. Sedangkan danau tersebut bernama danau Beratan yang pernah dinobatkan sebagai Top 20 the most beautiful lake in the world. Jadi keindahan dan kecantikannya tidak perlu diragukan lagi. Terletak di tengah pulau Bali dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari bandara internasional I Gusti Ngurah Rai, danau ini ramai dikunjungi tiap hari baik wisatawan asing maupun domestik.

PURA TANAH LOT
Jika Pura Ulundanu terdapat di pegunungan, pura Tanah Lot terdapat di pantai tepatnya berdiri di atas batu karang yang kalau air laut lagi pasang pura ini akan dikelilingi air laut dengan ombaknya yang besar. Terletak di desa Beraban pura ini dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan dari bandara internasional I Gusti Ngurah Rai. Sama halnya dengan pura Ulundanu, anda akan dengan mudah mendapatkan foto atau gambar pura ini karena salah satu pura yang paling sering difoto. Sebuah pura berdiri agung di atas batu karang dengan matahari terbenam sebagai latar belakangnya.

KINTAMANI
Di dunia hewan peliharaan, daerah ini terkenal dengan anjing Kintamani-nya, yaitu ras anjing yang sangat populer di Bali. Anda banyak menjumpainya di mana-mana. Tetapi Kintamani lebih dikenal sebagai destinasi wisata dengan pemandangan gunung dan danau Batur yang terkenal itu. Kalau anda mengikuti sebuah opsional tur ke daerah ini, anda akan dijamu makan siang di sini sambil menikmati indahnya panorama. Sekitar 2,5 jam perjalanan bisa anda tempuh dari bandara internasional I Gusti Ngurah Rai.

PURA BESAKIH
Pura Besakih adalah pura terbesar di Bali, terletak di lereng gunung Agung, gunung tertinggi di pulau Bali. Dari bandara internasional I Gusti Ngurah Rai dapat ditempuh sekitar 3 jam perjalanan. Di sini anda dapat melihat pura yang banyak merunya ini lebih dekat. Belakangan area pura Besakih ini menjadi bagian dari world heritage dari UNESCO

Itulah sekelumit contoh obyek wisata yang menarik dan unik yang ada di pulau Bali. Masih banyak obyek wisata yang menarik dan unik lainnya yang bisa anda kunjungi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu di sini.

Baca juga : CARA MUDAH MELAKUKAN TUR DI BALI DENGAN BIAYA MURAH

8. BALI MERUPAKAN SURGA BELANJA BAGI WISATAWAN

Sudah menjadi tradisi bila anda mengunjungi suatu negara untuk berlibur, sebelum pulang hampir dipastikan bahwa anda akan membeli oleh-oleh atau cendera mata untuk anda sendiri, orang-orang yang anda sayangi, keluarga anda, teman anda bahkan orang lain. Biasanya anda akan membelikan oleh-oleh yang menjadi ciri khas dari negara yang anda kunjungi. Misalnya : kalau anda ke Paris anda akan membeli parfum khas Paris atau miniatur menara Eiffel, kalau anda ke Mesir anda akan membeli miniatur piramid atau patung-patung dewa Mesir kuno. Kalau ke Bali apa yang akan anda beli? Mungkin sedikit membuat anda bingung saking banyaknya pilihan. Saran saya, rencanakanlah dulu barang apa yang hendak dibeli, sebagai bayangan di Bali itu banyak terdapat pengerajin mebel dan furniture khas Bali (Ubud dan sekitarnya), pengerajin kayu yang membuat patung-patung khas Bali (desa Mas Ubud), seniman-seniman lukis yang mempunyai gaya lukisan masing-masing misalnya gaya Ubud, gaya Kamasan, gaya Batuan dan lain sebagainya (Ubud, Batuan, Kamasan), pengerajin emas dan perak yang juga khas Bali (desa Celuk). Jika anda berminat untuk membeli, anda bisa melakukan penawaran harga terhadap barang yang anda suka.

Baca juga : FOUR THINGS YOU HAVE TO KNOW IF YOU ARE IN THE ISLAND OF PARADISE

Beberapa tahun belakangan ini banyak bermunculan toko pusat oleh-oleh yang bertebaran di sekitar Kuta dan beberapa tempat lainnya. Sebut saja seperti : Hawaii, Krisna, Mister Kuta, Erlangga dan sebagainya dimana harga yang ditawarkan di sini adalah fixed price. Kemudian anda bisa juga berburu barang kerajinan khas Bali dan fashion bertema Bali di pasar seni-pasar seni yang banyak terdapat di Kuta, Sanur, Sukawati dan Ubud.

Selain toko-toko yang menjual barang seni, di Bali anda bisa membeli apa saja termasuk barang-barang bermerk internasional yang asli seperti jam tangan, kalung, gelang, parfum, kaos, sepatu bahkan sampai kelengkapan alat untuk menyelam. Sekarang terserah anda mau membeli apa untuk siapa, rencanakan budget anda.

9. BALI  ADALAH TUJUAN WISATA DUNIA YANG MURAH TETAPI BERKUALITAS

Siapapun anda, dari manapun anda, apapun ras dan golongan anda apapun bahasa anda, bagaimanapun budaya anda, entah anda seorang pekerja biasa, pedagang, politisi, polisi, guru, dokter, seniman, olah ragawan, pengacara, penulis, wartawan, pengusaha, pemain film, apapun profesinya anda pasti bisa berwisata ke pulau Bali yang cantik, indah dan mempesona, asalkan anda bisa menabung, membuat travelling plan yang akurat niscaya mimipi-mimpi anda untuk berlibur di Bali akan tercapai. Karena berwisata ke Bali sebenarnya tidak mahal. Misalnya : anda orang Australia tinggal di Sydney mau berlibur ke wilayah utara Australia, terus ada orang Australia lain yang sama-sama asal Sydney mau berlibur ke Bali. Pertanyaannya siapa yang memerlukan biaya yang lebih murah? Jawabannya adalah orang Australia yang kedua. Kenapa? Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, salah satunya nilai kurs mata uang.

Murah bukan berati anda akan mendapatkan pelayanan ala kadarnya. Jikalau anda menginap di hotel bintang lima pelayanannya pastilah berbeda dengan hotel bintang tiga misalnya. Intinya anda akan lebih banyak mendapatkan pengalaman yang berkesan bila anda memilih untuk berlibur ke Bali. Berkualitas, ini adalah kata yang terus berusaha untuk diraih dan dipertahankan oleh pemerintah daerah, instansi terkait, pelaku pariwisata ataupun individu-individu yang bergerak di sektor ini. Karena bagaimanapun masih banyak orang yang bergantung kepada sektor yang satu ini. Kalau cuma mengejar kuantitas tanpa didukung kualitas yang baik, niscaya wisatawan akan berpindah ke lain hati. Oleh karena itu anda tidak akan rugi mengunjungi pulau Dewata, pulau Seribu Pura ini sebagai tempat favorit anda untuk menghabiskan masa liburan anda.

10. BALI MERUPAKAN DESTINASI WISATA YANG AMAN

Tingkat kriminalitas di Bali adalah yang terendah di Indonesia. Kebanyakan penjara di Bali dihuni oleh orang-orang yang berasal dari luar Bali. Pariwisata di Bali dari dahulu masih aman-aman saja, tetapi pernah kecolongan yaitu tahun 2002 akibat serangan teroris. Bom meledak berkekuatan tinggi di Legian, Kuta menewaskan sekitar 200-an orang, dimana kebanyakan korbannya turis dari Australia. Kemudian dua tahun berikutnya terjadi serangan lagi yaitu serangan bom bunuh diri di dua tempat berbeda secara bersamaan yaitu di Kuta dan di Jimbaran. Itu artinya apa? Apakah Bali sekarang tidak aman? Kalau kita melihat data, kini teroris bisa menyerang siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Contoh serangan teroris di New York, Paris, London, Spanyol adalah sebuah serangan yang telah direncanakan matang oleh pelakunya. Sekarang tinggal kita siap tidak mengantisipasinya.

Sejak peristiwa bom Bali, pemerintah Republik Indonesia melalui instansi terkait telah melumpuhkan semua teroris beserta jaringannya yang mengganggu keamanan nasional. Pimpinan top mereka ditangkap dan ditembak mati, yang berhasil ditangkap kemudian dipenjara.

Bagaimana dengan keamanan pariwisata Bali sekarang? Di sejumlah titik di daerah turis ditempatkan polisi bersenjata lengkap ditambah adanya CCTV yang bisa memonitor pergerakan orang yang mencurigakan. Di hotel-hotel satuan pengamanan dilengkapi metal detector untuk memeriksa barang-barang yang mencurigakan. Masyarkat Bali sendiri rutin melakukan razia terhadap penduduk pendatang baik orang Indonesia maupun orang asing. Jadi mudah-mudahan apa yang telah dilakukan pemerintah dan warga Bali sendiri setidaknya mampu mencegah terjadinya tindakan kriminal atau serangan teroris sekalipun, demi menjaga keamanan Bali. Kondisi yang aman tentu membuat orang Bali dan wisatawan yang mengunjungi Bali merasa nyaman.

11. BALI MEMILIKI SEMUANYA

Alasan yang ke-11 ini adalah gabungan dari alasan-alasan di atas. Ya, betul Bali memiliki semuanya : sebagai destinasi wisata dunia terkenal, pulau yang unik, mudah diakses, memiliki budaya dan adat istiadat yang tak ada duanya di muka bumi ini, penduduk yang ramah, mempunyai obyek wisata yang indah dan unik, sebagai tempat surga belanja, destinasi yang murah tetapi berkualitas, aman dan kesimpulannya Bali memiliki semuanya. Apa sih yang tidak ada di Bali? Dari Pesta Kesenian Bali yang diselenggarakan tiap tahun sampai pesta pantai yang diselenggarakan berkala, dari wisata kuliner tradisional khas Bali sampai restoran kelas atas, dari shrimp cocktail sampai caviar, dari hotel kelas melati sampai hotel berbintang lima, dari harga termurah sampai harga termahal, wisata kota sampai wisata pedesaan, wisata gunung sampai wisata laut, tempat belanja dari kaki lima sampai mall-mall, alat transport sepeda motor sampai limosin, dari naik kuda sampai naik gajah, dari mendaki gunung sampai menyelam di bawah laut, dari yang naik sampan sampai kapal pesiar, dari yang naik jet ski sampai parasailing, dari yang santai sampai petualangan, dari sawah sampai masuk hutan tropis, dari yang konvensional sampai yang modern, dari alas kaki sampai hiasan kepala ...... mungkin anda bisa menambahkan sendiri.

Orang bisa saja menulis 5, 7, 9, 10 atau 1000 alasan mengapa anda perlu mengunjungi Bali. Tetapi 11 alasan sudah cukup mewakili dan sudah dirangkum sedemikian rupa untuk memudahkan pembaca memahaminya. Kenapa perlu tidak harus? Karena Bali tidak pernah memaksa orang untuk harus mengunjunginya. Oranglah yang dengan tulus ikhlas ingin mengunjungi Bali. Lagipula kalau orang dipaksa untuk mengunjungi pulau Bali tentu dia tidak akan menikmatinya.

Well Bro dan Sis,  sampai di sini dulu artikel dengan judul 11 alasan mengapa anda perlu mengunjungi Bali. Buat calon wisatawan yang sudah merencanakan liburannya di negara lain lanjutkan rencana anda,  lain kali anda agendakan Bali sebagai target berikutnya. Kemudian anda bisa membandingkan mana yang lebih bagus sebagai destinasi wisata dunia dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Yang jelas orang Bali terutama pelaku-pelaku pariwisata Bali siap menunggu kedatangan anda dengan tangan terbuka. Sampai bertemu di Bali.


Salam


About Unknown

1 komentar:

halohia said...

bagus sekali artikel ini min ^^
permisi ya min.. mohon maaf

bandarq terpercaya
agen domino teraman dan terpercaya

Powered by Blogger.